Membuka Peluang Baru: Pembelajaran Coding bagi Siswa Kelas XI Peminatan Teknik Fase F SMAIT Ulil Albab Batam dalam Kurikulum Merdeka

Batam, 14 Februari 2024

oleh HUMAS SMAIT Ulil Albab Batam

Dalam era digitalisasi yang berkembang pesat, kemampuan dalam pemrograman atau coding menjadi keterampilan yang semakin penting untuk dimiliki. Melihat pentingnya hal ini, Kurikulum Merdeka telah memperkenalkan inovasi pembelajaran coding kepada siswa kelas XI peminatan Teknik Fase F di SMAIT Ulil Albab Batam. Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana pembelajaran coding telah diintegrasikan ke dalam kurikulum tersebut dan dampaknya terhadap perkembangan keterampilan siswa.

Pendahuluan: Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada sekolah dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan global. Salah satu inovasi yang diperkenalkan adalah pembelajaran coding sebagai bagian dari mata pelajaran Informatika pada Fase F untuk siswa kelas XI. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMAIT Ulil Albab Batam terkhusus yang mengambil peminatan teknik dengan keterampilan yang relevan di era digital dan teknologi.

Terra Faqih Satria Madjid – XI 5 Ikhwan (Siswa Peminatan Teknik Fase F mapel Informatika)
Dean Nabil Hasyim – XI 4 Ikhwan (Siswa Peminatan Teknik Fase F mapel Informatika)

Salah satu pelajaran yang kami terapkan adalah coding menggunakan C++ (membuat program pendaftaran Social & Science Olympiad – SSO), HTML, CSS, dan Javascript. Siswa di ajarkan agar mereka bisa berperan sebagai pembuat, bukan hanya pengguna, ada juga pembelajaran menggunakan platform MIT Application. Melalui pembelajaran ini siswa dikenal kan akan fitur AI (Artificial Intelligence) yang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kami mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi ai sederhana yang diharap kan mampu membantu masyarakat. Kami juga mempelajari tentang jaringan, dari mulai pengenalan prangkat jaringan sampai jenis jenis jaringan.

Integrasi Pembelajaran Coding: Pembelajaran coding telah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Teknik Fase F dengan pendekatan yang menyeluruh. Guru-guru terlatih dan terampil dalam bidang pemrograman diberikan keleluasaan dalam merancang kurikulum yang menarik dan relevan. Materi pembelajaran mencakup dasar-dasar pemrograman, struktur data, algoritma, dan penerapan dalam proyek-proyek praktis.

Metode Pembelajaran: Metode pembelajaran yang digunakan berfokus pada pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif. Siswa diberikan tugas-tugas proyek yang menantang dan relevan dengan dunia nyata. Mereka diajak untuk bekerja dalam tim, berkolaborasi, dan menyelesaikan masalah secara kreatif melalui pemrograman. Dukungan dari guru sebagai fasilitator dan mentor juga sangat penting dalam proses pembelajaran ini.

Dampak Terhadap Siswa: Pengalaman pembelajaran coding dalam Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa. Mereka tidak hanya mengembangkan keterampilan teknis dalam coding, tetapi juga meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi. Siswa menjadi lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan di dunia nyata yang semakin didominasi oleh teknologi.

Tantangan dan Peluang: Meskipun pembelajaran coding menawarkan banyak peluang, terdapat juga tantangan yang perlu dihadapi. Dukungan dari sekolah, guru, dan infrastruktur yang memadai menjadi kunci keberhasilan implementasi pembelajaran ini. Namun, dengan komitmen dan kerjasama yang kuat, kita dapat mengatasi tantangan tersebut dan memberikan peluang yang lebih besar bagi perkembangan keterampilan siswa.

Kesimpulan: Pembelajaran coding dalam Kurikulum Merdeka bagi siswa kelas XI peminatan Teknik Fase F di SMAIT Ulil Albab Batam memberikan peluang baru dalam mengembangkan keterampilan yang relevan di era digital. Dengan pendekatan yang menyeluruh dan metode pembelajaran yang inovatif, siswa dapat mengalami perkembangan yang signifikan dalam pemrograman dan keterampilan lainnya. Hal ini merupakan langkah positif dalam mempersiapkan generasi masa depan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia modern.

AdminSMAIT

5 Comments

  1. If you’ve found a lot of those vagina video tutorials or OnlyFans
    leaked – topfap girls, you’ll get what “start kitty” way.
    It’s quite simply how the vagina techniques to help make place for the male member.
    Some social people call it “open vulva.” The
    vagina provides this constant motion thanks a lot to a
    slender coating of real world at the starting and a clean internal filling.
    But the vulva is not the nearly all delicate aspect, therefore fellas shouldn’t strain about holding it.
    It’s fascinating to contact the vagina while receiving active, but folks will need to hold
    their palms in verify to refrain from any collisions.
    The vagina will be all about muscle groups and little tough open positions for orgasm and G-spot
    measures. Therefore if a person desires to ejaculation, he’s gotta make
    use of his palms to acquire there. The distance and squeezing of
    the vagina will be good for fellas and for
    striking that nice location. It’s all about going again and on and up
    and down during love-making.

  2. Good day! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog article
    or vice-versa? My blog addresses a lot of the same subjects as yours and I
    think we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to shoot me an e-mail.
    I look forward to hearing from you! Great blog by the way!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts