Pelatihan Guru SMPIT & SMAIT Ulil Albab Batam: Mengembangkan Keterampilan Refleksi Melalui Metode Jurnal

Batam, 11 Februari 2024
Oleh HUMAS SMAIT Ulil Albab Batam

Pemateri: Lukman Fajar Purwoko, M.T., CEC

“Jika Seorang Manusia Mati, Maka Terputuslah Darinya Semua Amalnya kecuali dari Tiga Hal; Dari Sedeah Jariyah atau Ilmu yang Diambil Manfaatnya atau Anak Shalih yang Mendoakannya.” (H.R. Muslim)

Dalam dunia pendidikan, refleksi adalah kunci untuk pertumbuhan profesional yang berkelanjutan. Salah satu metode yang efektif untuk membantu guru dalam memperkuat keterampilan refleksinya adalah melalui penggunaan jurnal. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana pelatihan guru menggunakan metode jurnal dapat meningkatkan kemampuan refleksi mereka.

Pelatihan kali ini diikuti oleh guru-guru dan tenaga kependidikan dari unit SMPIT Uil Albab Batam dan SMAIT Ulil Albab Batam dengan menghadirkan pembicara Lukman Fajar Purwoko, M.T., CEC dari SMAIT Nurul Fikri Boarding School. Beliau merupakan seorang pendidik yang saat ini mendapatkan amanah sebagai Kepala Sekolah, Certified Coach, Certified Trainer, School Consultant serta terlibat sebagai instruktur Pendidikan Guru Penggerak. Kegiatan pelatihan kali ini mengambil tema tentang Transformasi Diri dan Organisasi, Manajemen Emosi Guru & Refleksi Guru dalam proses pembelajaran di kelas.

1. Pentingnya Refleksi dalam Pendidikan

Refleksi memungkinkan guru untuk mengkaji pengalaman mereka, memahami apa yang berhasil, apa yang tidak, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan praktik mengajar mereka. Hal ini membantu guru menjadi lebih efektif dalam mendukung perkembangan siswa dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik.

2. Mengapa Menggunakan Jurnal?

Jurnal menyediakan ruang bagi guru untuk merefleksikan pengalaman mereka secara tertulis. Menulis memungkinkan mereka untuk merenungkan pengalaman mereka secara lebih mendalam, mengorganisir pemikiran mereka, dan mengidentifikasi pola-pola dalam praktik mengajar mereka.

3. Langkah-langkah Pelatihan Menggunakan Metode Jurnal

*Pengenalan Konsep Refleksi*: Pelatihan dimulai dengan pemahaman konsep refleksi dan pentingnya dalam pengembangan profesional guru.

*Pendekatan Praktis*: Guru diberikan contoh-contoh konkret tentang cara menggunakan jurnal untuk merefleksikan pengalaman mengajar mereka.

*Praktik Terstruktur*: Guru diberi waktu untuk menulis di jurnal mereka secara teratur, dengan panduan tentang apa yang perlu mereka refleksikan.

*Diskusi dan Umpan Balik*: Pelatihan melibatkan sesi diskusi kelompok di mana guru dapat berbagi pengalaman mereka dan mendapatkan umpan balik dari rekan-rekan mereka.

*4. Manfaat Pelatihan Menggunakan Metode Jurnal*

*Peningkatan Kesadaran Diri*: Guru menjadi lebih sadar akan praktik mengajar mereka dan dampaknya terhadap siswa.

*Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah*: Melalui refleksi yang terstruktur, guru belajar untuk mengidentifikasi masalah dalam praktik mengajar mereka dan mengembangkan strategi untuk memperbaikinya.

*Pengembangan Komunitas Pembelajaran*: Pelatihan ini membantu menciptakan komunitas di antara guru di mana mereka dapat saling belajar dan tumbuh bersama.

*5. Kesimpulan*

Pelatihan guru menggunakan metode jurnal adalah alat yang efektif untuk mengembangkan keterampilan refleksi mereka. Dengan merenungkan pengalaman mereka secara teratur dan secara terstruktur, guru dapat menjadi lebih efektif dalam mendukung perkembangan siswa mereka dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik.

AdminSMAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts